SIBA MEDIA

Sarana Informasi Digital Perusahaan

Pelayanan yang Baik adalah Kunci Utama Perusahaan Jasa


Pelayanan yang Baik adalah Kunci Utama Perusahaan Jasa

Dalam perusahaan yang berbasis layanan jasa atau penjualan produk, pada umumnya memiliki sebuah tim yang bertugas melayani berbagai macam pertanyaan, order, hingga keluhan dari konsumen 24 jam. Tim tersebut disebut sebagai Call Center atau pelayanan konsumen.

Bisa dibilang, seorang call center merupakan garda terdepan perusahaan yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan untuk memperoleh kepuasan pelanggan. Call center bisa menjadi salah satu strategi meningkatkan layanan bisnis kepada para pelanggan. Selain itu, call center juga bisa menjadi brand image bagi perusahaan.

Call center harus berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan. Sebagai contoh seorang call center pada jasa pengiriman barang, maka goals-nya adalah pelanggan yang ingin mengirimkan barangnya atau pelanggan yang ingin menanyakan perihal status barangnya yang sedang dalam proses pengiriman. Bisa jadi juga, pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan dan sarannya.

Oleh karena itu, agen call center harus menguasai beberapa skill tertentu untukberhadapan langsung dengan pelanggan. Apabila agen call center tidak memiliki kemampuan ini, maka akan berisiko kehilangan pelanggan karena layanan yang diterima oleh pelanggan mengecewakan. Untuk itu, call center di Siba Cargo harus memiliki 4M untuk melayani pelanggan agar terpenuhi semua kepuasan pelanggan.

Melayani pelanggan dengan ramah, dan sabar

Keramahan adalah hal yang paling penting dalam berkomunikasi. Ketika kita ramah kepada orang lain, maka orang tersebut akan merasa dihargai. Salah satu cara kita menunjukkan penghargaan kepada orang lain, adalah menggunakan kata-kata dan kalimat yang paling positif dalam setiap situasi dan keadaan saat Anda membangun kepercayaan kepada pelanggan serta

hubungan yang baik dan jangka panjang. Sangat penting memperhatikan kata-kata call center saat berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan nada yang lebih friendly tentunya membuat lebih mudah mendekati dan memenangkan hati pelanggan.

Tapi, tak jarang ada pelanggan yang ingin menyampaikan keluhannya. Dalam pelayanan jasa itu merupakan hal yang wajar. Jasa pengiriman sangat kompetitif, dan Anda harus siap menerima berbagai pertanyaan dan keluhan dari pelanggan. Mereka tidak akan menunggu hanya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda, karena mereka dihadapkan dengan banyak pilihan dan mempunyai hak untuk bertanya.

Tak jarang pelanggan menolak setelah banyak bertanya, namun jangan takut karena situasi ini dapat digunakan untuk mendapat informasi yang penting seperti kebutuhan pelanggan, masalah, dan tantangan yang mereka alami.

Tidak hanya sabar, namun juga harus dengan tutur kata yang jelas. Pelanggan sangat tidak suka dengan penjelasan yang berputar-putar dan tidak menyelesaikan masalah. Solusi yang terbaik adalah memberikan jawaban atau solusi langsung pada permasalahannya. Wajib selalu diingat, Call Center harus selalu memastikan pelanggan mengerti bahasa/ kalimat yang digunakan dan tidak bingung dalam penjelasan yang teknikal.

Menjaga transparasi dalam setiap transaksi

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Bahkan sebuah perusahaan terbaik pun membuat kesalahan. Yang penting adalah mengakui dan menerima bila perusahaan melakukan kesalahan atau mempunyai kekurangan, dan jangan menjanjikan sesuatu yang tidak dapat dipenuhi kepada pelanggan. Jujur dan apa adanya adalah kunci pelayanan yang baik terhadap pelanggan.

Memahami service knowledge dengan baik

Akan ada situasi di mana pelanggan bertanya pertanyaan random yang tidak ada di product knowledge atau petunjuk yang dimiliki oleh call center. Dalam situasi ini, sangat penting untuk berpikir cepat dan memberikan solusi yang tepat. Bila call center tidak mampu memberikan jawaban yang tepat, call center harus memiliki back-up plan seperti

menyambungkan pelanggan ke level yang lebih tinggi yang dapat membantu dengan cepat. Ini adalah keahlian yang utama dan paling wajib dimiliki oleh setiap karyawan dalam bisnis Anda. Mereka harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk/layanan yang dimiliki perusahaan. Para call center harus selalu terupdate dengan fitur dan pengembangan

Produk serta layanan dari perusahaan yang terbaru. Dengan memiliki service knowledge yang baik akan membantu call center lebih cepat mengatasi keluhan, pemberian rekomendasi/ solusi, dan interaksi dengan pelanggan.

Konsultasi Online 24 Jam Nonstop, Mulai Obrolan ?

Siba Live Chat

Selalu Ada Promo Spesial Setiap Hari

Nazillah Rezkifutri Manager Marketing
6281270300077
Sri Mulyati Supervisior Marketing
6285273540077
Putri Karuniati Executive Marketing
6281314324477
Yuriza Agustina Executive Marketing
621276753535
Yunita Mardina Executive Marketing
6281261863535
Nadea Ningsih Executive Marketing
6281365964343
Risma Executive Marketing
6282178859900
SIBA CARGO © 2021. Research & Development
Halo, Ada yang bisa kami bantu ?
×
Marketing Online